Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati

Destinasi wisata alam di Banyuwangi  sangatlah beragam, mulai dari hamparan pasir pantai dengan laut biru yang indah, sejuknya kawasan air terjun, taman nasional yang memukau, hingga megahnya deretan pegunungan merupakan daya pikat tersendiri bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain destinasi wisata alam yang lengkap, Banyuwangi juga menawarkan ragam atraksi seni dan tradisi yang sarat akan nilai budaya.

Seakan tak mau kalah dengan daerah lain, Banyuwangi kian melengkapi pilihan destinasi wisata yang dapat dikunjungi dengan dibukanya Waduk Bajulmati bagi wisatawan. Waduk Bajulmati adalah sebuah bendungan yang secara administratif berada di perbatasan antara Kabupaten  Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo, tepatnya di Desa Watukebo,  Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Waduk ini berada tidak jauh dari Taman Nasional Baluran yaitu terletak di antara gunung Baluran dengan pegunungan Ijen,  dan membendung sungai Bajulmati sebagai sumber air utamanya.

Panorama di Waduk Bajulmati cukup unik karena berbeda dengan pemandangan waduk pada umumnya. Di sini terdapat bukit – bukit kecil mengelilingi air waduk yang berwarna kehijauan, sangat unik dan mirip dengan kawasan wisata Raja Ampat di Papua. Waduk Bajulmati juga sering disebut mininya Raja Ampat, atau Raja Ampat van Java.

Panorama yang indah membuat hunting foto menjadi aktivitas wisata favorit di Waduk Bajulmati. Di sini banyak spot yang akan menghasilkan foto yang bagus dan tidak akan mengecewakan. Pengelola Waduk Bajulmati juga memberikan respon positif melihat banyaknya wisatawan yang berdatangan, dengan mulai memberikan fasilitas wisata lainnya yakni area outbound, speed boat untuk wisata keliling waduk, permainan ATV, serta fasilitas pendukung lainnya seperti rest area, dan tempat ibadah Mushalla. Wisatawan yang memiliki hobi memancing juga dapat melampiaskan hobinya, dengan catatan tidak boleh memancing di sekitar bangunan waduk atau pintu air bendungan.

Untuk sampai di sini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkutan umum. Apabila Anda berangkat dari Kota Banyuwangi, maka jarak tempuh adalah sekitar 41 KM ke arah Situbondo dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Jika naik angkutan umum Anda dapat naik bus jurusan Situbondo dari terminal Sritanjung, Ketapang, Banyuwangi. Saat ini, wisatawan tidak perlu membeli tiket masuk untuk dapat menikmati keindahan panorama alam Waduk Bajulmati, karena memang gratis. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya parkir saja apabila Anda ke sini menggunakan kendaraan pribadi. Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera berkunjung menikmati keindahan panorama alam kawasan wisata Waduk Bajulmati Banyuwangi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *