Pantai Tulamben

Pantai Tulamben

PANTAI TULAMBEN

Daya tarik utama Bali terdapat pada keindahan pantai-pantainya. Tak hanya Pantai Kuta yang wajib anda kunjungi apabila Anda berada di Pulau Bali, sekarang terdapat banyak pantai yang dapat menjadi referensi liburan anda di Bali, salah satunya yakni Pantai Tulamben. Pantai Tulamben tidak memiliki pasir seperti pantai pada umumnya, hanya batuan sungai atau kerikil berwarna hitam dengan bentuk variatif, namun cukup aman untuk dipijak.

Pantai Tulamben berlokasi di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem, Bali. Lokasi Pantai Tulamben berdekatan dengan Pantai Amed. Pantai ini terletak di kaki Gunung Agung, tepatnya di sisi timur laut Gunung Agung. Jarak dari Bandara Ngurah Rai ke Pantai Tulamben sekitar 104 km, dengan waktu tempuh  berkendara sekitar 2,5 jam. Relatif sama dengan waktu tempuh berkendara sekitar 2,5 jam dari Badung atau Seminyak dengan jarak kurang lebih 98 km. Apabila anda sedang di Ubud menuju Pantai Tulamben estimasi waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam perjalanan.

Daya tarik utama pada Pantai Tulamben terdapat pada taman bawah laut yang luar biasa indah. Pantai Tulamben sangat terkenal sebagai spot terbaik untuk diving dan snorkeling. Sangat disarankan untuk menyelam pada pagi hari hingga menjelang siang hari, karena di jam itulah pencahayaan terbaik didapatkan. Cuaca cerah ketika sinar matahari memantul ke dasar laut tentunya menjadi waktu terbaik untuk menyelam di Pantai Tulamben. Jernihnya air laut Tulamben, menguntungkan penyelam untuk melihat keindahan alam bawah laut dengan jelas.

Di balik keindahannya, Pantai Tulamben menyimpan sejarah masa lalu, di kedalaman laut Tulamben, terdapat bangkai sebuah kapal perang Amerika. Awalnya, kapal tersebut terdampar di pinggir pantai kemudian di biarkan begitu saja karena kerusakannya yang parah. Namun ketika Gunung Agung meletus di tahun 1963, kapal tersebut terseret ke laut dan tenggelam dengan sendirinya. Kini kapal tersebut menjadi ikon tersendiri bagi Pantai Tulamben, berpuluh tahun karam membuat kapal dengan panjang 120 meter tersebut menjadi tempat tinggal biota laut, dan menjadi spot favorit untuk snorkeling serta diving.

Bagi anda yang ingin menghabiskan liburan di pedesaan ala Karangasem Bali, dengan suasana khas desa yang sejuk dan alami, anda dapat menginap di homestay atau hotel yang tersedia di dekat Pantai Tulamben. Happy Holiday…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *